Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Menikah di Akhir Tahun

Apa Saja yang Harus Dipertimbangkan Menikah di Akhir Tahun

 

Memilih bulan Desember sebagai waktu untuk menggelar pernikahan bisa menjadi keputusan yang menarik. Momen liburan akhir tahun memberi kesempatan bagi pasangan untuk merayakan ikatan mereka sambil menikmati suasana yang penuh semangat dan keceriaan. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih untuk menikah pada bulan ini.

Keuntungan Memilih Liburan Akhir Tahun

Waktu Ekstra untuk Persiapan dan Bulan Madu Tambahan

Satu hal yang menjadi keunggulan dari menikah di bulan Desember adalah adanya waktu cuti ekstra bagi Anda dan tunangan. Ini bisa dimanfaatkan untuk mempersiapkan pernikahan dengan lebih teliti atau bahkan menambah hari-hari bulan madu setelah acara pernikahan.

Suasana Liburan yang Bersemangat

Liburan akhir tahun selalu dipenuhi dengan semangat kehangatan, keceriaan, dan sukacita. Menikah di tengah atmosfer ini dapat menambah nuansa kebahagiaan yang lebih pada momen istimewa Anda.

Tantangan dan Pertimbangan

Persaingan dengan Pasangan Lain

Ketika memilih tempat dan vendor untuk pernikahan, Anda akan menghadapi banyak pasangan lain yang juga ingin mengamankan tempat dan vendor yang cocok. Ruang acara dan vendor seperti perencana, katering, serta audio/visual biasanya sangat diminati selama bulan Desember karena banyaknya acara liburan. Hal ini mungkin menyulitkan untuk mendapatkan tanggal dan waktu yang diinginkan.

Biaya Tambahan untuk Tamu

Bulan Desember sering kali dihubungkan dengan kenaikan biaya perjalanan. Harga tiket pesawat dan tarif kamar hotel bisa melonjak tajam. Selain itu, adanya cuaca buruk seperti hujan deras atau banjir dapat mengganggu perjalanan dan menaikkan risiko keselamatan.

Kehadiran yang Mungkin Melebihi Ekspektasi

Karena musim liburan panjang, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak RSVP dari yang diperkirakan. Keluarga dan teman-teman yang memiliki waktu cuti ekstra akan lebih mungkin hadir pada pernikahan Anda.

Keterbatasan Kehadiran Teman Dekat

Di sisi lain, ada juga kemungkinan bahwa teman-teman dekat tidak dapat hadir pada acara pernikahan karena adanya pertemuan keluarga atau liburan yang telah direncanakan sebelumnya.

Menyikapi Tantangan dengan Bijak

Menyadari tantangan dan keuntungan dari pernikahan di bulan Desember adalah langkah awal yang baik. Berikut beberapa tips untuk menangani potensi masalah:

Bersiap untuk Persaingan

Bersiaplah dengan lebih fleksibel dan kreatif dalam memilih tanggal dan waktu. Jika tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk merencanakan pernikahan pada bulan Januari atau Februari setelah musim liburan.

Berbagi Kesadaran dengan Tamu

Berikan kesadaran kepada tamu tentang kenaikan biaya perjalanan dan potensi gangguan cuaca yang mungkin terjadi. Ini membantu mereka dalam perencanaan dan penyesuaian.

Bersyukur atas Kehadiran

Jika ada teman-teman yang tidak bisa hadir, luangkan waktu untuk bersyukur atas kebahagiaan yang ada dalam hidup Anda. Nikmati momen berharga dengan mereka yang hadir untuk merayakan cinta dan kebahagiaan Anda.

Menikah di bulan Desember dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dengan persiapan yang baik dan sikap yang bijaksana, momen ini dapat menjadi perayaan cinta yang penuh kehangatan dalam suasana liburan yang bersemangat.

oemahbeling

Leave your thought here

Your email address will not be published.